Uncategorized

Transpulmin Balsam, Sahabat Anak Saat Influenza

Sudah beberapa tahun ini saya mengurangi penggunaan obat – obatan terutama jenis kimia. Kalau masih bisa menggunakan obat luar dan makanan bergizi saya tidak minum obat. Di rumah bukan hanya saya tapi juga anak – anak, mereka kalau ga penting – penting amat tidak saya kasih obat. Saya sangat setuju dengan slogan dikit – dikit jangan minum obat. Dan yang harus kita ingat dan selalu diperhatikan kalau anak yang berusia di bawah 2 tahun tidak boleh sembarangan diberikan obat, tanpa resep Dokter. Sebetulnya bukan hanya anak di bawah 2 tahun ya, semua usia dan juga semua keluhan baiknya tidak sembarangan minum obat. Karena semua obat ada dosis dan juga ketentuannya.

Penggunaan obat – obatan apa lagi kalau tidak sesuai dengan dosis yang dianjurkan memang tidak baik bagi tubuh. Penggunaan obat luar sekarang ini menjadi pilihan banyak keluarga terutama bagi yang menghindari obat – obatan yang diminum. Termasuk keluarga saya tentunya. Selain lebih aman karena penggunaannya diluar, juga lebih praktis untuk dibawa kemana – mana termasuk saat traveling.

Saat ini di Indonesia mulai memasuki musim hujan, karena sudah memasuki bulan September. Itu artinya musim hujan segera tiba. Tentunya kita bersyukur setelah beberapa bulan kemarau panjang dan susah mendapatkan air sekarang dikirim air dari Yang Maha Kuasa. Namun seringkali hujan itu datangnya ga sendiri tapi bersama kawan – kawannya seperti virus ataupun bakteri. Awal musim hujan biasanya cuaca mulai tidak menentu, siang harinya udara kadang terasa panas banget, dan sore hari hujan atau kadang udara terasa sangat dingin saat malam harinya. Perpindahan cuaca inilah yang sering menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Dan salah satu penyakit yang kerap diderita adalah influenza. Unflueza tidak hanya menyerang orang dewasa tapi juga anak – anak. Terutama mereka yang lemah daya tahan tubuhnya.

Tentunya kita harus benar – benar menjaga kondisi tubuh kita. Dan hal yang sering dirasakan adalah influenza termasuk pada anak – anak. Anak – anak yang banyak aktivitasnya seperti sekolah, bermain pastinya banyak waktu berada dilingkungan luar. Selain itu anak – anak kadang makan makanan yang sembarangan ataupun tidak cuci tangan sebelum makan ditambah dengan penurunan daya tahan tubuh, dan efeknya anak mudah terserang flu.

Mengenal Influenza pada anak

Daya tahan tubuh atau system imun pada anak – anak tentunya berbeda dengan orang dewasa. Anak dengan usia di bawah 2 tahun daya tahan tubuhnya belum sekuat anak usia di atas 2 tahun. Pada anak – anak system imun belum terbentuk dengan sempurna, oleh sebab virus maupun bakteri penyebab penyakit mudah sekali menyerang  anak – anak. Saat musim hujan ini anak – anak kerap sekali menderita influenza. Dan menurut sejumlah penelitian, umumnya anak – anak akan mengalami influenza sebanyak 8 hingga 9 kali selama kurun waktu 1 tahun.

Influenza pada anak memang sangat mengkhawatirkan apa lagi kita sebagai orangtua yang melihatnya. Anak jadi batuk pilek, demam, pusing, badannya lemas dan anak jadi tidak bersemangat. Selain itu anak juga jadi rewel hal ini bisa jadi karena hidung tersumbat, demam, kepala pusing sehingga anak jadi tidak nyaman.

Influenza ini merupakan salah suatu penyakit inpeksi yang terjadi pada paru – paru yang disebabkan oleh virus influenza. Gejala influenza yang muncul diantaranya batuk, hidung meler, kepala terasa pusing, nyeri tenggorokan, demam, dan tidak enak badan. Batuk juga kadang timbul saat malam hari dimana akhirnya waktu tidur anak jadi terganggu, dan saat bangun anak jadi rewel. Kalau anak rewel saat malam hari tentu berpengaruh ke ibu juga, ibu jadi terganggu juga kualitas tidurya dan jugamempengaruhi kinerja ibu esok harinya. Influenza ini ini merupakan penyakit yang masuk ke dalam kelompok self-disease, dimana jenis penyakit ini dapat sembuh sendiri dan tentunya tergantung pada daya tahan tubuh dari penderitanya itu sendiri.

Saya yang memiliki anak – anak dengan terpaut usia tidak begitu jauh yang pertama Kirana usia 9 tahun dan adiknya Zaki usia 7 tahun. Mereka sedang banyak – banyaknya aktivitas termasuk sekolah dan bermain. Saya sebagai orangtua tentunya harus benar – benar menjaga kesehatan mereka apa lagi di musim penghujan ini. Tapi yang namanya penyakit meskipun kita tidak mengundangnya tetap ajah datang, seperti ya influenza ini yang kerap kali datang saat musim seperti ini. Apa lagi ini anak saya yang terpaut usia tidak jauh biasanya yang satu sakit yang satu ikut ketularan juga. Apa lagi untuk kasus influenza yang penularannya cepet banget.

Apa yang saya lakukan saat anak terkena influenza? Karena saya sudah mengurangi penggunaan obat – obatan yang diminum jadinya saya menggunakan obat – obatan luar untuk mengatasinya. Setelah saya mengenal Transpulmin Balsam, saya selalu menggunakannya untuk anak – anak saat terkena influenza. Seperti beberapa waktu yang lalu saat anak pertama saya Kirana, 9 tahun terkena influenza, dia batuk pilek dan juga demam. Saat influenza memang yang kerap dirasakan anak dan sangat menggangu adalah pilek, dan pilek inilah yang menyebabkan hidung mampet. Karena hidung mampet kadang anak merasa sesak. Dan pastinya kondisi ini anak sangat terganggu. Kirana tidak bisa masuk sekolah dan juga aktivitas diluar rumah.

Saat influenza Kirana hidungnya mampet dan saya mengoleskan 1 – 4 cm Transpulmin Balsam ke dada, leher dan punggungnya, dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian atur posisinya supaya berbaring dengan posisi melawan bagian hidung yang tersumbat. Seperti  jika bagian hidung kiri yang tersumbat, maka mintalah posisi tidur anak berbalik ke arah kiri. Ini bisa dilakukan 2 sampai 4 kali sehari. Kandungan yang terdapat dalam Transpulmin Balsam Eucalyptol bisa melegakan gangguan pernafasan seperti batuk, pilek dan juga untuk menghangatkan badan. Menthol yang terdapat dalam Transpulmin Balsam ini bisa meringankan gejala pilek, dan gangguan pernafasan lainnya. Selain itu Transpulmin Balsam juga dapat dihirup uapnya dengan cara memasukkan beberapa centimeter Transpulmin Balsam ke dalam 1 liter air panas lalu hirup uapnya.

 

Selain hidung mampet saat influenza Kirana juga merasa lemas dan terasa badannya pegal – pegal. Mungkin karena masuk angin juga jadi Kirana ada sakit perut. Saya memberinya Transpulmin Balsam dengan cara di oles ke bagian perutnya supaya merasa lebih enak. Kandungan Chamomile dalam Transpulmin Balsam ini bisa untuk relaksasi dan juga berfungsi sebagai anti inflamasi. Selain itu, Camphor yang terdapat dalam Transpulmin Balsam juga bisa untuk menghangatkan badan.

Setelah dikasih Transpulmin Balsam kemudian Kirana saya anjurkan untuk istirahat supaya bisa tidur dan berbaring. Dan tidak diperbolehkan main dulu. Dengan begitu Kirana akan merasa nyaman dan pegal – pegal atau nyeri badan berkurang karena Transpulmin Balsam memberi kehangatan untuk badan anak. Tidur merupakan solusi terbaik untuk anak membantu meredakan nyeri. Selain itu Transpulmin Balsam ini mengandung Sage Oil memberikan efek Aromatherapy yang bisa merelaksasi tubuh. Transpulmin Balsam ini bentuknya cream, tidak berminyak jadi sangat nyaman di kulit, tidak lengket dan cepat meresap. Saat influenza usahakan anak bisa tidur siang supaya bisa istirahat dan mengurangi aktivitas yang berlebihan juga. Dan Alhamdulillah setelah dilakukan secara rutin influenza Kirana berangsur sembuh. Buat saya Transpulmin Balsam itu sahabat anak saat influenza 🙂

Sekilas tentang Transpulmin

Transpulmin ini ada 2 jenis yaitu Transpulmin BB Balsam dan juga Transpulmin Balsam.

This slideshow requires JavaScript.

  • Trasnpulmin BB Balsam

Transpulmin BB Balsam ini adalah Balsam khusus untuk bayi di usia 0 sampai 2 tahun yang mengandung bahan – bahan alami seperti eucalyptus oil dan ekstrak bunga chamomile yang tentunya dengan aroma yang menyegarkan. Setiap 1 gr Transpulmin BB Balsam mengandung 100,00 mg eucalyptol dan 7,44 chamomile concentrate. Tersedia dalam kemasan tube, ada yang 10 g dan juga 20 g.

 

 

  • Transpulmin Balsam

Transpulmin Balsam ini adalah Balsam untuk anak – anak usia2 tahun ke atas, selain anak – anak seluruh anggota keluarga juga bisa menggunakan balsam ini makanya lebih tepatnya balsam ini disebut Balsam Keluarga. Transpulmin Balsam ini merupakan obat gosok untuk mengurangi nyeri di punggung, sakit kepala, sakit perut, mengahangatkan badan dan juga melegakan pernafasan saat batuk pilek atau influenza.

Transpulmin Balsam ini mengandung eucalyptus oil, ekstrak bunga chamomile, menthol, champor, dan sage oil. Tersedia dalam kemasan tube 10 g dan 20 g. Tiap 1 gr Transpulmin Balsam mengandung eucalyptol 10 %, menthol 5 %, champor 2.5 %, sage oil 2.5 %, chamomile consentrate 0.744 %.

Penggunaan Transpulmin ini mudah sekali cukup di oleskan ka dada, punggung dan leher anak. Bisa dioleskan 2 hingga 4 kali dalam sehari. Adapun kontra indikasi dari kedua jenis Transpulmin ini dalam penggunaannya, hindari penggunaan untuk bayi dan anak yang hipersensitif terhadap salah satu komponen dari obat ini. Setelah digunakan simpan Transpulmin di tempat yang aman pada suhu ruangan.

Transpulmin diproduksi oleh PT. MUGI LABORATORIES, Bekasi – Indonesia dengan merek dagang yang dimiliki oleh MEDA Pharma GmbH & CO. KG, Bad Homburg, Jerman. Transpulmin ini mudah dekali didapatkan tersedia di apotek ataupun toko obat terdekat. Dan tentunya dengan harga yang relative terjangkau.

Itulah sekilas tentang Transpulmin Balsam, untuk lebih lengkapnya bias dilihat di website resminya www.transpulmin.co.id Dan sedikit review dan pengalaman saya dan anak saya tentang Transpulmin Balsam bisa dilihat disini. Terimakasih semoga bermanfaat, amin.

 

 

Please follow and like us:
0

3 thoughts on “Transpulmin Balsam, Sahabat Anak Saat Influenza”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *