Be Healthy Family Health Life Style

Batuk Juga Ada Etikanya Lho

Batuk ga sekedar uhuk – uhuk tapi batuk juga ada etikanya lho…Pastinya ga aneh lagi kan sama etika? etika ga jauh – jauh dari perilaku, norma atapun tatakrama dalam kehidupan sehari – hari, ya ga? Tapi etika ga hanya untuk itu saja, batuk juga ada etikanya lho. Yess etika batuk. Buat yang pernah ke tempat pelayanan kesehatan pastinya udah ga asing lagi kan? Biasanya suka banyak poster, leaflet ataupun pamplet tentang etika batuk. Nah gimana neh seharusnya saat kita batuk terutama di tempat – tempat umum?

Sekilas tentang batuk

Batuk merupakan pertahanan tubuh di saluran pernafasan dan merupakan gejala dari suatu penyakit

    atau

Reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Dan etika itu  suatu norma atau aturan yang berlaku di masyarakat.

Jadi etika batuk adalah cara penting untuk mengendalikan penyebaran infeksi disumbernya. Dengan cara menutup hidung dan mulut ketika batuk atapun bersin. Dan gunakan tisu atau masker untuk menutup mulut.

 

Dengan kita menerapkan etika batuk, hal ini ini bisa efektif menurunkan transmisi patogen droplet melalui saluran nafas. Dan satu yang harus kita ingat kalau selalu menjaga kebersihan saluran pernapasan dan etika batuk ini merupakan dua cara penting untuk mencegah penularan penyakit yang terjadi  akibat kontak droplet.

Etika batuk ini harus diterapkan disemua bagian rumah sakit, tempat pelayanan kesehatan, lingkungan masyarakat bahkan saat kita berada di rumah. Dengan selalu menjaga kebersihan pernapasan ini merupakan salah satu usaha untuk mencegah berbagai penyakit seperti influenza, TBC, Pneumonia dan lain – lain. Dan untuk menunjang semuanya diharapkan semua pengunjung tempat pelayanan kesehatan , pasien , petugas kesehatan yang merasa terinfeksi dengan gejala batuk, pilek, bersin harus menggunakan masker dan  selalu mematuhi etika batuk.

Siapa yang harus mematuhi etika batuk?

  • Petugas kesehatan
  • Pengunjung
  • Pasien

Tujuan dari etika batuk ini untuk mengendalikan sumber infeksi.

Langkah – langkah  etika batuk :

  1. Menutup hidung dan mulut dengan tisue atau saputangan ataupun menggunakan lengan bagian dalam baju kita.
  2. Segera buang tisu yang sudah dipakai ke dalam tempat sampah
  3. Cuci tangan dengan air bersih dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol
  4. Menggunakan masker untuk mencegah penyebaran.

 

 

Adapun program kesehatan provilaksis yang bisa dilakukan bagi setiap pengunjung, pasien, petugas kesehatan antara lain :

  • Meningkatkan pola hidup sehat
  • Lakukan kebersihan tangan
  • Vaksinasi apabila dibutuhkan
  • Lakukan medical chek up secara rutin minimal 1 th sekali

Nah itulah sekilas tentang etika batuk, setelah kita mengetahui suatu etika ada baiknya kita mematuhinya, hal ini untuk mencegah penularan terhadap oranglain termasuk orang terdekat kita. Bagaimanapun mencegah itu lebih baik dari mengobati ya ga? semoga bermanfaat ya, amin

Please follow and like us:
0

10 thoughts on “Batuk Juga Ada Etikanya Lho”

  1. makasih sharingnya , lengkap , wah aku termasuk ayng suka batuk sembarangan jadi sujka lupa tutup mulut, makasih sudah diingatkan

  2. Pernah ngalamin nih, dapet cipratan orang yang batuk, dan itu nightmare banget. Semoga aja banyak yang baca tulisan ini, jadi mulai menjaga etika saat batuk dan pilek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *