Be Healthy Family Health Life Style

Ayo Atasi Insomnia

Hallo teman – teman ada yang pernah atau suka ngalamin insomnia? Dulu saya juga iya seh kadang suka insomnia apa lagi kalau abis nonton film horor hehe dijamin sampai pagi ga bakalan bisa tidur. Kalau sekarang Alhamdulillah ga lagi malah bawaannya ngantuk mulu hehe. Insomnia sepintas memang kaya bukan masalah serius ya, tapi buat yang suka ngalamin atau pernah ini masalah banget lho. Teman saya ada yang pernah ngalamin dalam waktu yang relative lama. Dan menurut dia itu sangat amat menyiksa malah pake banget. Kenapa? Karena ini efeknya jadi mengganggu sama aktifitas sehari – hari kita, apa lagi buat yang pagi – pagi harus kerja itu sangat menyiksa. Kebayang kan pagi – pagi berangkat kerja harusnya kondisi fit dan segar ini loyo dan masih ngantuk. Belum lagi badan terasa lemas. Ditambah muka yang tampak ga segar. Nah itulah sebagian dari efek yang insomnia.

Pastinya suka dengar kan orang atau teman sendiri yang ngeluh “duh semalam ga bisa tidur” yakan yakan sering ya. Coba pernah ga ada yang ngeluh “duh ga bisa makan” jarang ya kalau ngeluh “duh ga punya uang” itu seh lain lagi ya hehe. Itu bisa jadi kalau tidur itu merupakan kebutuhan yang penting dan kalau ga terpenuhi efeknya bisa patal. Beberapa public pigur pernah kan tersandung masalah karena mengonsumsi obat – obatan yang bisa membuat tidur dan ternyata obat tersebut tergolong ke dalam golongan psikotropika. Bisa jadi karena memang benar – benar pengen mendapatkan waktu dan kualitas tidur yang baik. Kemudian minum obat supaya bisa tidur dan bukan resep dari dokter.

Penyebab insomnia sendiri itu bisa berbeda – beda pada tiap orang. Bisa karena stress, efek dari gaya hidup terutama masyarakat kota, kelamaan tidur siang dan lain – lain.

Ok gimana neh cara atau trik biar ga insomnia yuk kita intip :

Hindari stress

Stress merupakan salah satu efek dari memiliki masalah yang belum menemukan solusinya. Hindari stress sebisa mungkin, selesaikan dan cari solusi untuk masalah yang dihadapi. Bicarakan masalah dengan keluarga atau teman dekat untuk mencari solusinya. Saat mengahadapi masalah keluarga adalah orang terdekat yang berada di dekat kita. Mendekatkan diri sama Yang Maha Kuasa merupakan langkah yang baik dan mintalah petunjuknya. Tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluarnya.

Atur jadwal tidur

Lamanya tidur malam sebaiknya 8 jam tentunya dengan kualitas yang baik. Rentang waktu 8 jam itu mulai dari jam 9 malam sampai dengan jam 5 pagi. Untuk yang biasa melaksanakan sholat malam bisa di atur dan disesuaikan waktu tidurnya. Atur jadwal sebaik mungkin untuk mendapatkan jadwal tidur yang teratur. Usahakan untuk tidak begadang dan tidak sampai larut malam.

Hindari minum kopi sore atau menjelang waktu tidur

Efek kafein memang kadang tergantung personalnya ya kadang ada yang short time ada juga yang long time. Saat setelah minum kopi kadang ada yang ga ngaruh, dia tetap ajah merasa ngantuk. Dan ada juga justru ngantuknya jadi hilang, tidak bisa tidur bahkan terasa segar. Efek atau kerja kopi dalam tubuh sebetulnya kurang lebih selama 7 jam. Dan untuk menjaga efektifitas dan juga kualitas waktu tidur sebaiknya hindari minum kopi sore atau bahkan mlama hari. Efek dari kafein selain tidak ngantuk juga membuat kualitas tidur berkurang karena jadi buang air terus.

Hindari penggunaan gadget malam hari

Gadget selain memberikan efek terang dari cahayanya yang bisa menyebabkan mata tetap terjaga terus juga membuat mata bahkan otak bekerja terus. Dengan kemajuan teknologi dimana sekarang dengan mudahnya internet bisa di akses dari gadget menjadikan otak bekerja terus. Membaca atau melihat gambar dan foto membuat mata jadi tidak ngantuk apa lagi kalau kepoin akun gossip, belanja online, ataupun akun gebetan juga mantan eh hehehe. Sebaiknya hindari penggunaan gadget 1 jam sebelum waktunya tidur.

Usahakan badan selalu bersih

Menjelang waktunya tidur bukan hanya muka ya yang dibersihkan tapi badan juga. Saat menjelang jam tidur sebaiknya usahakan badan bersih, bila perlu mandi pakai air hangat sebelum tidur. Air hangat akan membuat otot – otot menjadi rileks setelah seharian bekerja. Dengan begitu jadi badan akan merasa nyaman dan bisa tidur.

Gunakan lampu tidur

Cahaya lampu yang terang benderang bukan hanya tidak baik buat mata tapi juga bisa menyebabkan tidak merasa ngantuk. Saat tidur sebaiknya gunakan lampu tidur. Sekarang di rumah sakit juga di ruang rawat inap sudah menggunakan lampu tidur saat malam hari. Jadi ada 2 lampu yang terpasang, saat menjelang tidur pasien yang menjalani rawat inap diharapkan dianjurkan menggunakan lampu tidur. Selain lampu tidur, juga usahakan sekitar tempat tidur itu rapi tidak berantakan. Ini akan membuat tidur semakin nyaman. Suhu ruangan juga usahakan sejuk tidak terlalu panas ataupun terlalau dingin.

Olahraga

Olahraga secara teratur bisa membantu menghindari insomnia. Selain membuat badan menjadi sehat juga membuat orang yang mengalami insomnia tidak terlalu depresi. Salah satu oalhraga yang bisa dilakukan bahkan menejelang jam tidur adalah yoga. Yoga bisa membuat badan dan juga pikiran menjadi lebih rileks dan bisa istirahat.

Hindari merokok

Merokok selain tidak baik untuk kesehatan juga efeknya jadi tidak bisa tidur, karena nikotin merupakan stimulant alami. Jadi supaya tidur nyenyak sebaiknya hindari merokok terlebih malam hari menjelang waktu tidur.

Itulah beberapa cara untuk bebas dar insomnia. Tidur merupakan salah satu anugrah dari Yang Maha Kuasa, ada banyak disana yang tidak bisa merasakan nikmatnya tidur. Bisa karena rasa sakit saat sedang mendapat ujian, bisa karena tidak memiliki tempat tinggal yang layak dan lain – lain. Buat kita yang masih diberi nikmat untuk merasakan tidur sebaiknya disyukuri dengan selalu berdoa sebelum dan sesudah tidur. Semoga bermanfaat ya.

Sumber Refferensi :

www.liputan6.com

 

Please follow and like us:
0

4 thoughts on “Ayo Atasi Insomnia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *