Be Healthy Family Health Health Products Life Style

Atasi Anyang – anyangan dengan Uri-cran

Menjadi seorang perempuan tentunya merupakan anugrah dari Yang Maha Kuasa. Salah satu kelebihan perempuan adalah bisa hamil dan memiliki seorang anak. Dengan anugrah inilah tentunya perempuan harus pintar – pintar dalam menjaga kesehatannya terutama kesehatan kewanitaan termasuk area saluran kencing. Kenapa demikian? Karena dalam hal ini perempuan kerap banyak keluhan di sekitaran area ini. Tidak jarang juga perempuan menderita penyakit yang serius pada area ini.
Salah satu keluhan yang sering diderita perempuan di sekitar kesehatan kewanitaan dan saluran kencing adalah anyang – anyangan. Hmmm ada yang suka mengalaminya ataupun pernah? Anyang – anyangan buat sebagian perempuan bisa jadi merupakan keluhan yang sering dialami termasuk saya juga pernah mengalaminya. Makanya saya suka agak rewel dalam masalah area kewanitan. Saya Disinilah perempuan harus benar – benar selalu menjaga kesehatan kewanitaannya termasuk benda – benda dan sekitar kita yang berhubungan langsung dengan area ini, misalnya closet, tisu pembersih, air untuk membersihkan, pakaian dalam, dan juga cara dalam membersihkan area kewanitaan kita. 

Apa sebenarnya anyang – anyangan itu?
Pernahkah kita mengalami sakit, nyeri dan rasa panas saat buang air kecil? Kalau pernah bisa jadi itu mengalami anyang – anyangan. Lalu apa dan bagaimana sebenarnya gejala atau tanda – tanda dari anyang – anyangan itu?
  • Hasrat yang berlebih untuk buang air kecil 
  • Buang air kecil lebih sering, tapi volumenya sedikit-sedikit 
  • Pada wanita panggul biasanya ada nyeri panggul 
  • Sedangkan pada pria akan menimbulkan gejala nyeri pada anus 
  • Adanya rasa perih ketika buang air kecil 
  • Merasa lelah dan kurang sehat 
  • Timbul demam
Gejala – gejala tersebut bisa jadi muncul satu persatu tapi bisa juga munculnya barengan.
Apa penyebab anyang – anyangan itu?
Anyang – anyangan ini banyak disebabkan karena adanya infeksi saluran kencing yang disebabkan oleh bakteri E.coli, bisa jadi juga karena sering menahan kencing. Anyang – anyangan merupakan gejala awal dari adanya infeksi saluran kencing atau ISK.  Dan penyebab lain dari anyang – anyangan ini diantaranya karena minum kopi, teh, dan juga alcohol. Selain itu bisa juga disebabkan karena beberapa keadaan misalnya karena kehamilan, dalam keadaan cemas, otot detrusor tidak stabil, pembesaran prostat pada laki – laki, hipertonisitas dasar panggul, interstitial cystitis, dan diverticulitis.
Dan yang tidak kalah penting yang bisa menyebabkan anyang – anyangan ini adalah dari kebiasaan kita atau gaya hidup tidak sehat terutama saat berkemih. Anyang – anyangan ini bisa terjadi pada siapa saja, orang dewasa, anak – anak, laki – laki ataupun perempuan, meskipun pada kenyataannya perempuan lebih banyak menderita anyang – anyangan ini dari pada laki – laki. Kenapa? Karena secara anatomisnya pada perempuan letak saluran kemih dan saluran bauang air besar itu lebih dekat jika dibanding dengan laki – laki. Sudah saya singgung tadi di atas kalau cara perempuan membilas setelah buang air itu berpengaruh pada kesehatan kewanitaan. Kalau salah bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Ya salah satunya anyang – anyangan ini. Membersihkan atau membilas setelah buang air yang benar dan disarankan adalah dari arah depan ke belakang, dari arah saluran kencing ke saluran buang air besar atau anus. Hal ini supaya lebih bersih dan juga untuk mencegah terjadi infeksi.
Lalu bagaimana mencegah terjadinya anyang – anyangan?
Dulu saya sering mengalami anyang – anyangan ini, penyebabnya bisa jadi karen asaya suka menahan untuk buang air kecil, jujur saya agak rewel kalau untuk msalah kamar mandi. Saya lebih baik menahan kencing dari pada harus kencing di tempat umum yang kotor. Dan untuk mengatasinya saya selalu berusaha mencari kamar mandi yang bersih atau saya bersihkan terlebih dahulu.  
Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah anyang – anyangan berulang dan  infeksi saluran kemih  :
  • Menjaga kebersihan terutama area keawanitaan 
  • Membilas dengan benar yaitu dari depan ke belakang 
  • Jangan menahan buang air kecil 
  • Hindari menggunakan celana dalam terlalu ketat 
  • Mandi dengan air yang mengalir 
  • Rajinlah mengkonsumsi buah / ekstrak buah Cranberry yang kaya akan proantocyanidin untuk mencegah bakteri E.Coli menempel pada saluran kemih.
Yang terakhir ini sepertinya agak susah ya hehe. Nah apa sebenarnya buah Cranberry itu? 

Pastinya sudah pada tahu kan kalau buah – buahan merupakan sumber berbagai macam vitamin. Selain sumber vitamin buah – buahan juga merupakan sumber mineral dan juga antiokasidant. Ada yang sudah tahu buah Cranberry dan juga manfaatnya? Kalau belum yuk kita cari info buah yang satu ini. Cranberry atau Vaccinium oxycoccos termasuk tanaman jenis berry yang hampir sama dengan blueberry bedanya cranberry ini warnanya lebih tua. Cranberry ini kaya akan vitamin C. 

(sumber : www.uricran.co.id)

Cranberry merupakan buah yang hanya ditemukan di Amerika bagian utara dan juga Kanada. Belakangan buah yang satu ini menjadi trending topic karena manfaatnya. Diantaranya untuk menjaga kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mulut, dan juga kaya akan antioksidant yang bisa mencegah penyakit yang paling ditakuti yaitu kanker dan jantung. Seorang peneliti di Tel Aviv University Sackler Faculty of Medicine menemukan kalau buah Cranberry dapat menyembuhkan infeksi saluran kemih pada perempuan, hal ini karena mengandung Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah menempelnya bakteri E-coli pada dinding sel epitel saluran kemih kemudian membuangnya bersama dengan air kencing. 

(sumber : www.uricran.co.id)
Sebetulnya banyak cara yang bisa dilakukan dalam memanfaatkan Cranberry untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan saluran kemih dari infeksi. Tapi sayangnya untuk mendapatkan buah yang satu ini cukup sulit di Indonesia.
Tapi seiring dengan kemajuan teknologi sekarang tidak perlu khawatir lagi, untuk dapat mengambil manfaat dari Cranberry ini, karena ada Privé Uri-cran yang mengandung ekstrak buah Cranberry. Prive uri-cran ini ada 2 jenis, ada yang bentuk kapsul dengan komposisi tiap kapsulnya mengandung 250 mg ekstrak Cranberry. Dosis yang dianjurkan untuk kemasan kapsul ini 1  2 kapsul perhari.

Sedangkan untuk prive uri-cran plus berbentuk powder sachet siap seduh dengan rasa yang enak dengan kompsosisi 375 mg ekstrak Cranberry, 60 mg Vitamin C, 0.2 mg Lactobacillus achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum, dan dosis yang dianurkan untuk kemasan sachet ini 1 – 2 sachet perhari. 


Konsumsilah secara teratur dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya minum sesuai anjuran supaya terganggu oleh anyang-anyangan dan juga mencegah anyang – anyangan berulang. Sumber Refferensi :


post signature

Please follow and like us:
0

13 thoughts on “Atasi Anyang – anyangan dengan Uri-cran”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *