Family Health Life Style

Minum Air Dingin Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?


Siapa yang suka minum air dingin atau air es? Air dingin memang terasa lebih enak apa lagi saat siang hari atau tengah hari bolong yaa beras nyess banget. Rasanya? Jangan ditanya pokoknya syegerrr yaa apa lagi airnya berasa manis lebih maknyus lagi itu mah ya. Terus pernah ga kita mendengar kalau minum air dingin atau air es bisa membuat gemuk? Mitos atau fakta? Yaelah berasa acara tv ajah ya 🙂
 
Faktanya air itu adalah merupakan zat cair yang tidak mengandung kalori atau bisa dikatakan kalau air itu kalorinya adalah nol. Tapi lain lagi ya kalau air itu berasa misalnya manis seperti teh manis atau es teh manis, syrup, kopi apa lgi juice kalau itu seh jelas mengandung kalori yaa.
Sifat dari air itu melarutkan, bahkan fakta medis mengatakan kalau air itu membantu melarutkan gumpalan Kristal – Kristal toksin yang mengendap di bagian – bagian tubuh. Misalnya endapan kolesterol, endapan batu ginjal, Kristal asam urat, ataupun bekuan darah yang bisa menyebabkan stroke. 

Air itu mengurangi kepekatan. Lemak yang yang ada dalam tubuh dan sudah lama tertimbun bisa jadi sangat pekat hingga sangat sulit untuk dihancurkan. Dan disinilah perlunya air untuk mengurangi kepekatan atau kejenuhan lemak. 
Suhu ruangan itu berkisar antara 27 derajat celcius dan es yang disimpan dalam suhu ruangan secara otomatis akan mencair dengan sendirinya. Begitu juga dengan air dingin yang berada di suhu ruangan lama kelamaan akan berubah mengikuti suhu ruangan dan berubah jadi air biasa. Dari sini bisa kita simpulkan kalau es atau air es saja saat berada dalam suhu ruangan bisa mencair apa lagi kalau berada dalam tubuh kita dimana dalam keadaan sehat suhu normal tubuh kita itu berkisar di suhu 36 derajat celcius. Pastinya es sudah lumer kan dan bisa jadi saat masih berada dalam rongga mulut. 
Air itu dapat menyebabkan kenyang begitu juga saat kita minum air sebelum makan akan menyebabkan kita cepat merasa kenyang saat sedang makan. Dan tentunya hal ini bisa mencegah kita untuk tidak makan secara berlebihan. 

Air dingin atau es itu justru membantu dalam pembakaran lemak dalam tubuh. Saat kita minum es maka tubuh akan berusaha menyesuaikan diri sampai titik tertentu hingga akhirnya es benar – benar mengikuti suhu tubuh. Nah saat penyesuaian inilah maka tubuh mengambil cadangan lemak sebagai sumber kalori. 
Nah itulah sebagian dari fakta air dan juga air es saat diminum atau saat berada dalam tubuh kita. Dari uraian di atas mungkin kita bisa menyimpulkan kalau air dingin atau es tidak menyebabkan gemuk. Mungkin yang dimaksud air dingin menyebabkan gemuk itu air dingin yang manis dimana pastinya mengandung gula ataupun zat tambahan lainnya. Dan gula inilah yang merupakan salah satu penyumbang kegemukan. Nah jadi disini bukan air dingin yang menyebabkan jadi gemuk kan? Melainkan gula atau zat lain lah yang terdapat dalam air dingin yang diminum, itu yang bisa menyebabkan gemuk. Konsumsilah air sewajarnya jangan sampai berlebihan. Jadi minum air dingin atau es itu mitos atau fakta? 🙂
Sumber Refferensi : MPI Edisi Juni 2016

post signature

Please follow and like us:
0

6 thoughts on “Minum Air Dingin Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?”

  1. Bener juga ya mbak, air es yang manis yang bisa membikin gemuk sepertinya. Oh iya, kapan hari saya dapat kiriman video di WA, tentang air es yang dituangi minyak goreng. Nah di video itu minyak gorengnya jadi menggumpal, sebagai analogi dari lemak di tubuh kita. Nah, itu bagaimana Mbak? Haduh, makin berat nih tubuh. Huhu..

  2. Wah benar juga ya Mbak, yang bisa bikin gemuk itu air es yang manis sepertinya. Oh iya, kapan hari saya dapat kiriman video di WA, itu tentang air es yang dituangi minyak goreng, nah pada akhirnya minyak goreng tadi lambat laun menggumpal, sebagai analogi lemak dalam tubuh kita. Nah itu bagaimana ya Mbak? Huhu…

  3. Aku jarang minum air es, linu hehehe. . . Tapi kalau ternyata air dingin bisa meningkat proses pembakaran, rasanya aku mau coba #KebeletInginLangsingLagi 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *