Be Healthy Family Health Health Journal Life Style

Gizi dalam Sepotong Tahu


Tahu bulat digoreng dadakan 500an pastinya udah pada tahu kan potongan lagu ini. Cukup trending juga ya lagu ini. Malahan dibikin game juga di smartphone. Terobosan baru olahan tahu bulat dengan aneka rasa ini jadi secara tidak langsung mengajak masyarakat untuk banyak makan tahu. Termasuk anak – anak yang kadang tidak mau atau bosan makan tahu. Padahal merupakan makanan yang banyak sekali gizi dengan harga yang murah meriah atau  murce 🙂 
Beberapa waktu yang lalu Indonesia pernah digemparkan dengan mahalnya harga kedelai import. Harganya sangat mahal dan ini efeknya pada masyarakat cukup besar. Kenapa bikin gempar dan menjadi hal yang serius ya? Bisa jadi karena kedelai adalah bahan utama untuk membuat tahu dan tempe yang merupakan makanan banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Kalau harga daging melambung tinggi itu sudah biasa dan masyarakat kalangan menengah ke bawah juga tidak akan kaget ataupun protes ya karena bisa jadi daging jarang dikonsumsi. Jadi saat harga daging melambung tinggi ya santai – santai saja. Dan bisa jadi untuk kalangan menengah ke atas daging masih bisa terjangkau harganya meskipun melambung tinggi. 

Tapi coba liat reaksi masayarakat saat harga kedelai naik tinggi, mereka pada mogok membuat tahu dan juga tempe. Dan efeknya tahu dan tempe di pasar tradisional, tukang sayur maupun supermarket susah didapatkan. Para pembeli pada kelimpungan mencari tahu tempe sedangkan makanan itu banyak dikonsumsi masyarakat. Baik itu untuk dimakan sendiri ataupun untuk dijual lagi. Misalnya penjual ayam goreng yang selalu ada tahu tempe sebagai pendampingnya. Penjual masakan juga bahan makanan ini harus selalu ada. Belum lagi untuk di olah jadi makanan lain yang tentunya disukai oleh masyarakat banyak. 
Tahu tempe juga tidak hanya banyak dikonsumsi masyarakat menengah ke bawah tapi juga oleh mereka yang vegetarian. Mereka yang menjalankan gaya hidup sehat, tempe tahu merupakan makanan yang harus selalu ada selain sayuran dan juga buah. Saat harga kedelai melambung tinggi dan tempe tahu sudah didapatkan mereka sangat kehilangan makanan kesuakaannya. Saya dan keluarga juga termasuk yang suka sama tahu, kalau saya pribadi dibanding tempe saya lebih suka sama tahu, kalau suami justru lebih suka makan tempe bahkan merupakan makanan favourite. Saya hampir setiap hari atau paling tidak selang sehari beli tahu. Saya juga punya teman dia cerita kalau di keluarganya tiap hari harus selalu ada tahu dan merupakan makanan yang wajib ada tiap hari. 
Tempe tahu memang sekilas seperti makanan yang biasa saja dan kadang hanya dipandang sebelah mata. Tapi mengandung banyak gizi dan merupakan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi. Lalu apa keistimewaan sepotong tahu itu? Sepotong tahu yang murah meriah mengandung beberapa kandungan gizi yang tentunya sangat diperlukan oleh tubuh kita. Dalam 100 gr tahu mengandung :  
Energi = 68 kkal
Protein = 7,8 gr
Lemak = 4,6 gr
Karbohidrat = 1,6 gr
Kalsium = 124 mg
Fosfor = 63 mg
Zat Besi = 1 mg
Vitamin A = 0 IU
Vitamin B1 = 0,06 mg
Vitamin C = 0 mg
Itulah kandungan yang terdapat dalam tahu, gimana banyak kan gizi yang terdapat dalam tahu. Masih ragu dan ga mau makan tahu? Hehe itu kembali ke masing – masing dan juga selera seh ya. 
Tahu juga banyak diolah menjadi berbagai macam makanan yang pastinya menggugah selera. Bandung sebagai kota kuliner pastinya banyak jenis makanan yang dihasilkan dari tahu. Dan yang sudah terkenal dari Bandung kuliner yang mengandung tahu adalah batagor. Yess batagor Bandung itu ga ada duanya, paling enak deh. Banyak jenis batagor yang ada di Bandung yang bisa kita kunjungi dan cicipi. Dan masih banyak lagi jenis makanan selain batagor Bandung yang ada di kota kembang yang merupakan olahan dari tahu. Jadi yang kadang bosan makan tahu yang itu – itu saja bisa nyari kuliner atau olahan dari tahu. 
Sumber Refferensi : 
www.klinikgizi.com

post signature

Please follow and like us:
0

10 thoughts on “Gizi dalam Sepotong Tahu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *