Tetap Sehat Saat Musim Hujan


Musim hujan udah mulai datang, di beberapa kota udah mulai sering turun hujan bahkan hujan lumayan besar turunnya. Termasuk di Bandung tempat tinggal saya. Udah beberapa hari ini turun hujan. Hujan adalah berkah dari Yang Maha Kuasa setelah sebelumnya kita dilanda kemarau yang cukup panjang. Di beberapa daerah bahkan sampai kekurangan air termasuk di rumah keluarga saya, orangtua dan juga kakak. Kita tentunya ga boleh ngeluh saat musim hujan tiba. Meski kadang beberapa agenda dan rencana jadi terkendala karena terhalang oleh hujan. Makanya sebisa mungkin kita harus menyiasati dan antisipasi jauh – jauh hari. Supaya meskipun hujan semua lancar sesuai rencana, amin.
Menghadapi musim hujan perlu persiapan, jadi saat hujan tiba kita udah siap siaga. Saat musim hujan juga kadang kesehatan kita terganggu karena timbulnya beberapa penyakit yang biasanya timbul saat musim hujan. Diantaranya batuk pilek atau flu, Infeksi Saluran Penafasan Atas (ISPA) demam, thypus, demam berdarah, penyakit kulit dan lain – lain. Tentunya kita ga mau kan jadi tidak sehat dan mengalami beberapa keluhan saat musim hujan. Berikut adalah upaya pencegahan supaya kita tetap sehat saat musim hujan : 


Daya tahan tubuh
Hal ini sangat penting karena daya tahan tubuh yang baiklah yang bisa kuat dan menghadang beberapa penyakit. Kalau daya tahan tubuh kita kuat Insayalloh kita bisa terhindar dari berbagai penyakit. Meningkatkan dan mempertahankan daya tahan tubuh tidak selalu dengan minum obat atau vitamin. Banyak yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya dengan makan makanan yang mengandung banyak vitamin. Vitamin yang lebih alami yang didapatkan dari makanan akan lebih baik dibandung dengan yang didapatkan dari olahan. Misalnya buah – buahan dan sayuran, sekarang banyak bahkan jadi tren sarapan dengan buah – buahan. Makanan yang mengandung karbohidrat, kadang banyak yang salah persepsi tidak boleh makan karbohidrat. Makan yang mengandung karbohidrat bukannya tidak boleh termasuk yang sedang diet. Hanya tidak boleh berlebihan dan untuk yang diet cara dan takarannya yang harus tepat. Menurut ahli gizi makan nasi dalam diet bukannya tidak boleh justru yang harus dikurangi adalah sejenis mie dan cemilan yang mengandung karbohidrat atau berbahan dasar tepung

Minum banyak air putih
Air putih tidak hanya menyehatkan tapi juga membuat kulit bagus dan cantik. Air putih itu sebetulnya kalau dilihat dari harga relative lebih murah. Coba kita lihat minuman yang ada sekarang dipasaran yang menawarkan rasa manis dan mungkin enak, berapa harganya? Bukankah lebih mahal jika dibanding dengan harga air putih? Kadang kita malah lebih memilih yang lebih mahal padahal justru yang lebih murah lebih menyehatkan. Kita ambil contoh yang kemasan botol kurang lebih isinya sektar 500 – 600 ml harga minuman yang manis rata – rata harganya di atas Rp. 5000,- sedangkan harga air putih hanya sekitarRp. 3000,- Bukankah kalau kita beli air putih lebih hemat sekitar Rp. 2000,-?  Dan itu dikali berapa dalam sebulan.
Jaga makanan yang kita makan
Musim hujan biasanya banyak lalat dan juga banyak dagangan yang kurang laku dijual. Periksa dan yakinkan kalau apa yang kita beli dan makan itu bersih. Bebas dari lalat dan juga tidak basi. Salah satu penyebab thyfus adalah dari makanan yang tidak bersih. Terutama anak – anak yang sering jajan sembarangan disekolah atau ketika main. Begitu juga yang bekerja terkadang suka jajan kalau lapar. Makan makanan dari rumah itu lebih baik, terjaga kebersihannya dan juga lebih hemat. Teuteup emak – emak ujung – ujungnya hemat 🙂
Olah raga
Hujan jangan jadi penghalang kita tidak melakukan olah raga. Sekarang banyak olah raga yang bisa dilakukan in door. Ada futsal, yoga, bulu tangkis, senam, badminton dan lain – lain. Pagi – pagi juga kita bisa melakukan olah raga seperti lari mengelilingi komplek atau di taman kota sambil menghirup udara segar. Jadi ga ada alasan lagi buat ga olah raga meski hujan. Olah raga yang baik dan teratur sangat baik untuk tetap bugar dan menjaga kesehatan. 

Menutup barang – barang yang bisa menampung air
Menutup barang bekas terutama yang ada diluar rumah, hal ini untuk menghindari adanya genangan air yang bisa dijadikan zona aman untuk nyamuk. Kuras bak mandi secara rutin, bahkan sebaiknya ganti bak mandi dengan shower. Pada fasilitas kesehatan sekarang itu bak mandi sudah tidak dianjurkan. Bila memang tidak memungkinkan dengan shower bisa dengan ember untuk penampungan sementara. Dan ini juga tidak boleh lama harus sering diganti atau habis pakai. Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk yang diakibatkan dari genangan air adalah demam berdarah. Dan jujur inilah salah satu penyakit yang sangat saya takuti dan khawatirkan. Karena pada kondisi tertentu dan telah lanjut penyakit ini sangat mengancam jiwa. 
Sedia payung
Peribahasa yang mengatakan sedia payung sebelum hujan bukanlah hanya isapan jempol belaka. Apa lagi di musim penghujan seperti sekarang. Betul – betul diperlukan dan juga harus diperhatikan. Kalau mau pergi keluar rumah sebaiknya selalu bawa payung atau jas hujan bagi pengguna motor untuk antisipasi. Beberapa penyakit yang bisa diakibatkan oleh kena air hujan misalnya flu dan demam. 

Cegah banjir dan hindari area banjir
Mencegah terjadinya banjir memang tidaklah mudah. Tapi sebisa mungkin kita mencegahnya terutama disekitar lingkungan kita. Di daerah – daerah tertentu banjir kadang udah jadi langganan. Untuk menghindarinya pilihlah rute atau arah yang selalu kena banjir meskipun kita harus putar arah atau lebih jauh lagi. Menghindari banjir kita setidaknya akan terhindar dari stress karena banjir dan juga macet. Selain itu air banjir juga sebaiknya kita hindari karena bisa menyebabkan penyakit salah satunya leptospirosis yang disebabkan oleh  tikus juga gangguan atau penyakit kulit.
Atur agenda atau acara
Hujan adalah anugrah dari Yang Maha Kuasa, jangan jadikan penghalang untuk beraktivitas dan menghadiri berbagai acara. Dengan adanya musim hujan sebaiknya atur ulang agenda atau acara supaya semua lancar sesuai rencana. Hujan biasanya timbul di atas jam 12 siang. Usahakan kalau ada acara pergi lebih awal hal ini untuk menghindari hujan.  Dan yang tak kalah penting adalah istirahat yang cukup. Istirahat akan memulihkan kondisi fisik kita yang lelah.

Jaga kebersihan lingkungan
Menjaga kebersihan lingkungan tidak hanya musim hujan. Tapi saat musim hujan sebaiknya lebih ditingkatkan lagi. Buang sampah pada tempatnya dan selalu jaga kebersihan lingkungan. Termasuk juga kebersihan rumah dan kamar kita. Biasanya saat musim hujan tembok akan lembab dan juga timbul jamuran. Selalu perhatikan karena yang lembab akan memudahkan timbulnya jamur yang akan jadi penyebab timbulnya berbagai penyakit. Selalu melakukan pertukaran udara itu sangat baik. Usahakan ada ventilasi supaya udara dan juga sinar matahari bisa masuk. 
Selalu suci tangan
Sekarang itu lagi digalakan cuci tangan terutama di tempat – tempat fasilitas kesehatan. Cuci tangan ini sangat banyak manfaatnya apa lagi bila menggunakan sabun atau handscrub yang mengandung anti kuman. Dapat membantu mencegah timbulnya berbagai penyakit misalnya diare. Sebelum makan ingatlah selalu cuci tangan meskipun kita menggunakan sendok dan garpu. 

Hati – hati di jalan dan selalu cek kendaraan

Hati – hatilah saat dalam perjalanan ketika musim hujan. Hujan membuat jalan jadi licin dan becek. Sebaiknya memeriksa dan juga mengecek secara rutin kendaraan sangat bagus terlebih pada saat musim hujan. Misalnya ban, bensin, dan bagian – bagian kendaraan lainnya. Hindari ban gundul saat musim hujan. Karena jalan biasanya licin dan bisa menyebabakan kecelakaan. Bensin juga harus selalu sedia supaya kita tidak kehabisan ditengah jalan. Kehabisan bensin saat dalam perjalanan selain tidak aman, menghambat waktu dan juga kita bisa basah kuyup ketka ada gangguan dengan kendaraan yang kita gunakan. Dan yang tak kalah penting adalah selalu mentaati peraturan lalu lintas. Selalu gunakan pengaman seperti sabuk pengaman dan juga helm, bawa surat – surat kendaraan dan juga SIM, patuhi rambu – rambu lalu lintas.
Berdoa dalam setiap tindakan
Inilah kunci dari segala kunci. Selalu berdoa dalam memulai segala tindakan, memohon perlindungan pada Yang Maha Kuasa. 

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk selalu bisa tetap sehat saat musim hujan. Bagaimanapun berhati – hati dan antisipasi lebih baik daripada mengobati. Sayangi diri kita dan juga keluarga. Kalau bukan kita siapa lagi.

post signature

Please follow and like us:
0

14 thoughts on “Tetap Sehat Saat Musim Hujan

  1. memang bener,,,banyak yang harus dipersiapkan ketika musim hujan tiba biar kita seha selalu.hehehe

    apa lagi bagi orang yang banyak beraktivitas di luar ruangan,,…harus lebih ekstra menjaga kesehatan..

Leave a Reply