Life Style

Tongseng Dengan Kuah Terpisah

Ketika kerja alangkah baiknya jika makanan yang kita makan itu adalah makanan yang bawa dari rumah. Selain bersih dan juga sehat, dan lebih hemat πŸ™‚ Tapi terkadang hal itu susahjuga buat dipraktekan selain waktu yang kadang tidak sempat, juga godaan jenis makanan diluar yang beragam. Termasuk juga saya, godaan buat beli makanan ketika kerja itu banyak banget, selain makan siang juga cemilan yang bisa dimakan ketika waktu senggang. Saya sebetulnya buka type orang yang banyak tau juga tentang makanan selain terhitung jarang wisata kuliner juga saya banyak makanan yang kurang suka. Bukan sok bersihan atau sok pilih – piliih tapi karena memang benar kurang suka pada beberapa jenia makanan. 
Ketika saatnya makan siang terkadang bingung mau beli apa, karena jenis makanan yang saya suka itu – itu saja. Daging sapi, ayam dan telor sedangkan yang lainnya saya kurang suka. Ketika saya bingung harus makan apa, teman ngaih saran untuk makan tongseng saja. Saya kalau masalah makanan cerwet juga, takutnya makanan tersebut ada daging dombanya, ya karena saya tidak suka daging domba. Ternyata tongseng yang ada sekitar tempat kerja itu adalah tongsneg dengan daging sapi. Dan saya pun ikut – ikutan pesan buat di antar ke tempat kerja karena jaraknya jug atidak terlalu jauh. 
Menurut beberapa sumber, tongseng adalah makanan khas Jawa Tengah, biasanya di Solo, Yogyakarta, dan juga Semarang. Dan tongseng yang ada disini ini merupakan tongseng yang dipisah daging dengan kuahnya. Jadi dagingnya dimasak secara terpisah. Dan kuahnya ini tanpa santan, nah lebih sehat kan? πŸ™‚ Dan untuk dagingnya tersebut disatukan dengan nasi pesanan kita, dengan diberi taburan goreng bawang, kol dan juga sedikit  bumbu dari dagingnya tersebut. Sedangkan untuk kuahnya di sajikan secara terpisah, kuahnya diberi tomat yang tidak dimasak jadi masih mentah, irisan bawang daun dan juga seledri.  Wahh segar dan enak ya tomatnya masih mentah. 

Berbicara mengenai tomat, tomat merupakan satu – satunya buah yang juga termasuk sayuran juga. Tomat ini bisa untuk masak, untuk masker, dan juga dimakan mentah. Adapun tomat jika dimakan secara mentah itu bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya :

  1. Dapat melancarkan saluran pencernaan
  2. Dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet 
  3. Dapat menguatkan tulang 
  4. Dapat meningkatkan kesehatan mata 
  5. Dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala 
  6. Dapat menghilangkan jerawat
  7. Dapat mencegah kanker dan juga diabetes
Please follow and like us:
0

8 thoughts on “Tongseng Dengan Kuah Terpisah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *