Manfaat Dari Kacang – Kacangan


Cemilan, siapa yang ga suka suka coba? Apa lagi perempuan kebanyakan suka cemilan. Dari sekin banyak cemilan yang bisa di makan salah satu diantaranya adalah kacang – kacangan. Banyak cemilan berupa kacang yang dijual dipasaran. Semua menawarkan rasa yang yummmi dan bikin ketagihan. Makan kacang sekaan ada magnet pengennya terus dan terus.  Ada kacang polong, kacang merah, kacang tanah. Kacang tidak hanya enak di makan kering, tapi kacang juga enak sekali kalau di sayur. Termasuk saya dan anak – anak suka sayur kacang. Dibalik bentuknya yang mungil dan rasanya yang yummi ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kacang ini.  Menurut ahi nutrisi Cynthia Sass, MPH, RD jika kita rutin makan kacang – kacangan maka semakin kecil kemungkinan kita mengalami perut kembung dan banyak gas dibandingkan dengan jarang mengkonsumsinya.  Iniah beberapa manfaat dari mengkonsumsi kacang – kacangan : 

  • Kaya serat

Ada banyak jenis sayur dan buah – buahan yang kaya akan serat yang berguna untuk tubuh, terutama untuk pencernaan. Termasuk salah satunya jenis kacang – kacangan. Kacang – kacangan ini memiliki banyak serat sehingga jika mengkonsumsinya membuat kita tidak mudah merasa lapar. Dan nilai plus dari kacang – kacangan ini, jika kita memasaknya  seratnya tidak mudah rusak.  Serat kacang – kacangan ini baik di kulit dan juga dagingnya.  

  • Membantu mengatur gula darah

Ada banyak factor yang menjadi penyebab Diabetes Melitus. Dan banyak cara juga yang bisa dilakukan untuk mempertahankan gula dalam darah tetap dalam kadar normal. Menjaga pola makan, diet sesuai anjuran, life style, makan obat  yang diberikan dokter, rutin control dan juga mengecek gula darah merupakan cara yang bisa dilakuakn untuk mengontrol gula darah. Kacang – kacangan ini mempunyai peran dalam mempertahankan gula darah. Karena kacang – kacangan ini kaya akan serat, hal ini bisa memengaruhi  terhadap gula darah dalam tubuh. Dan serat dalam kacang pun cenderung diserap lebih lama oleh tubuh. Dengan mengonsumsi satu cangkir kacang tiap hari selama tiga minggu, pada penderita diabetes tipe dua mampu mempertahankan gula darah dan juga tekanan darah.  Hal ini dikutip dari  studi dari Archives of Internal Medicine.

  • Membantu menurunkan kolesterol

Kolesterol identik disebabkan oleh lemak yang ada dalam beberapa jenis daging dan sejenisnya atau makanan yang enak – enak ketika dimakan makanya banyak orang yang bilang penyakit ini di sebut penyakit orang kaya. Karena biasanya orang kaya yang  selalu makan yang enak – enak 🙂   Dikatakan menderita kolesterol ini karena nilai kolesterol LDL yang buruk bagi tubuh kadarnya di atas nilai normal. Dimana kadar kolesterol jenis LDL menempel pada dinding pembuluh darah. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kolesterol LDL ini bisa dengan makan kacang yang banyak serat, hal ini akan membantu mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan dan mencegah masuk ke dalam darah. Bahkan, dengan makan satu porsi kacang, kacang polong, buncis per hari dapat menurunkan kadar LDL hingga 5 persen. Hal ini seperti diungkapkan dalam studi di Canadian Medical Journal.
Pola hidup sehat bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan tetap menjaga makanan yang kita makan sehari – hari. Untuk hidup dengan selalu menjaga pola makan yang sehat tidaklah sulit, dengan mengkonsumsi makanan yang banyak manfaatnya untuk kesehatan merupakan salah satu cara yang mudah untuk dilakukan. Makanan yang sehat tidaklah mahal dan susah didapatkan. Seperti halnya peribahasa apa yang kita tanam itu yang kita dapatkan. Mungkin tidak jauh berbeda dengan peribahasa tersebut apa yang kita makan itu yang kita rasakan. Dengan tetap menjaga makanan yang kita sehari – hari manfaatnya akan kita rasakan juga. Healthy living is easy and happy 🙂
Sumber Referensi :
www.msn.com 

post signature

Please follow and like us:
0

5 thoughts on “Manfaat Dari Kacang – Kacangan

Leave a Reply