Merawat Kulit Dengan Microdermabrasi

Masih ingat dengan plesetan “muka itu dirawat bukan diedit” caption itu muncul setelah adanya camera yang lebih dominan untuk selfie dimana bisa untuk edit foto sesuai yang kita inginkan, termasuk esit wajah sesuai dengan seperti apa yang kita inginkan. Dari yang biasa bisa menjadi luar biasa dan spektaculer juga amazing. Bahkan pernah ada kabar, konon katanya (kaya lagunya mbah dukun ajah ya..) ada yang perkenalan melalui social media terus mereka ketemuan, salah satu dari mereka ada yang merasa kecewa karena wajah aslinya tidak sesuai dengan yang dilihat difoto sebelumnya. Hal ini karena foto yang dipasang menggunakan hasil dari camera selfie yang bisa edit itu.

Plesetan “muka itu dirawat bukan diedit” ada benarnya juga ya, karena merawat wajah itu kata pakar kecantikan adalah investasi. Ya investasi untuk masa depan dan masa tua  kita nanti. Dengan usia yang semakin bertambah, maka berbagai masalah dan juga kesehatan wajah kita juga  akan timbul. Seperti kerutan, flek, dan lain – lain.  Dengan muka yang dirawat setidaknya masa depan wajah kita terjamin. Karena dilakukan perawatan secara rutin. Elastisitas dan kesehatannya terjaga. Tentunya pengen kan tampak lebih muda dari usia sesungguhnya 🙂 

Seiring berkembangnya dunia teknologi dan kecantikan, berbagai cara perawatan kulit banyak bermunculan. Dengan menggunakan alat tertentu dan juga hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah mendapatkan training. Salah satu jenis perawatan yang sering dilakukan dan terasa banyak manfaatnya adalah Microdermabrasi. Microdermabrasi adalah tindakan pengelupasan atau exfoliation untuk menghilangkan sel – sel kulit mati dan merangsang produksi sel kulit baru dan juga mendorong produksi kolagen. Microdermabrasi ini untuk merawat berbagai jenis  kulit diantaranya, kulit dengn pori – pori tertutup, kulit berjerawat,  kulit dengan hyperpigmentasi. Prosesnya kurang lebih sekitar 45 menit. 

Salah satu klinik perawatan kulit yang ada di Bandung, DF Clinic menyediakan treatment Microdermabrasi ini, Ketika saya dan teman – teman Blogger Bandung mendapat undangan khusus dari klinik ini, saya termasuk salah satu yang mendapat kesempatan untuk dilakukan treatment ini. Wow surprise dan rezeki neh, yang pasti seneng dong ya, secara treatment ini harus mengeluarkan kocek yang lumayan, ya maksudnya buat saya yang selalu rebutan budgetnya dengan dapur dan juga anak – anak 🙂 


Sewaktu saya tanya sama therapysnya bagusnya berapa lama Microdermabrasi ini dilakukan, katanya paling lama sekitar 3 bulan sekali. Wah mba kalau saya mah 3 tahun sekali, Mbanya hanya senyum – senyum ajah. Pertama kali saya dilakukan Microdermabrasi disalah satu Rumah Sakit swasta yang ada di Bandung yang menyediakan berbagai treatment untuk peratan kulit. Kedua kalinya di salah satu skin care yang ada di Bandung  juga.  


Microdermabrasi ini prosesnya tidak terlalu banyak dan ribet dan juga tidak sakit, tahap pertama adalah pembersihan, wajah dibersihkan oleh therapysnya kemudian selanjutnya dilakukan treatment Microdermabrasi, dimana pada tahap ini dilakukan pengelupasan dengan menggunakan alat khusus. Sel – sel kulit mati akan terangkat, waktu saya dilakukan treatment ini. Saat pengelupasan ini kulit terasa dicubit – cubit atau ditarik – tarik oleh alat tersebut, tapi ga terasa sakit koq. Therapysnya meperlihatkan hasil dari pengelupasan dari kulit wajah saya ternnyata lumayan banyak juga. 

(sumber : google) 
Setelah selesai kemudian wajah diberikan masker kertas, masker ini tidak menunggu sampai kering, Cuma harus menunggu sekitar itar 15 menit. Setelah 15 menit, maker ini fungsinya untuk melembabkan. Kemudian wajah diberi cream anti iritasi. Dan taraaa wajah saya terasa lebih halus dan bersih juga kenyal. Kinclonglah kalau bahasa gaulnya mah 🙂


Menurut informasi yang saya dapatkan, untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel, dan untuk mendapatkan hasil yang optimal Microdermabrasi ini sebaiknya dilakukan antara 7 – 10 hari sekali. Dan hasilnya akan terlihat setelah 4 – 6 kali dilakukan treatment ini. Wow lama dan banyak juga ya,,, harus siap – siap kocek lumayan ya.

Microdermabrasi ini harus konsultasi dulu ke dokter kecantikan ataupun dokter kulit, karena tidak semua kulit bisa dilakukan treatment ini, ada beberapa jenis atau kondisi kulit yang tidak boleh dulu dilakukan treatment ini, diantaranya kulit terbakar sinar matahari, terdapat luka terbuka, eksim, berjerawat dan dermatitis. Hal ini untuk mengurangi resiko setelah dilakukan treatment ini. Adapun efek samping dari treatment ini, karena Microdermabrasi adalah tindakan pengelupasan kulit, maka setelahnya kulit akan tampak sedikit kemerahan dan lebih sensitive. Namun hal ini masih normal, sebaiknya setelah dilakukan treatment ini untuk menjauhi sinar matahari setidaknya sekitar 24 jam, hal ini untuk menghindari sel kulit baru  kita terekspos dan langsung terkena paparan sinar matahari.
Bagaimanapun menjaga dan merawat kulit dengan baik itu penting untuk kita sebagai perempuan. Karena ini juga merupakan salah satu anugrah dari Yang Maha Kuasa. Tidak selalu harus identic dengan budget yang lumayan, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Perlu atau tidaknya perawatan atau treatment itu kembali lagi ke masing – masing. Namun jika itu perlu dilakukan dan akan memperbaiki masalah kulit kita kemudian budget juga tersedia kenapa tidak. Itu sah – sah saja dan merupakan hak kita. Karena kan merawat muka sedari sekarang merupakan investasi, ternyata investasi bukan hanya materi ya 🙂

post signature

Please follow and like us:
0

One thought on “Merawat Kulit Dengan Microdermabrasi

Leave a Reply