Be Healthy

Barang Plastik Yang Aman Untuk Kesehatan


            Penggunaan tempat minum atau tempat makanan yang mudah dan sekali pakai ketika bepergian terkadang memang lebih enak digunakan karena dengan alasan setelah minuman atau makanan itu habis tempatnya tinggal dibuang tanpa harus repot – repot membawa pulang lagi ke rumah. Dan tas pun jadi berkurang bawaannya. Terlebih kalau tasnya juga termasuk yang sekali pakai juga atau yang mudah dilipat, selesailah semua urusan yang namanya ribet bawa barang – barang kosong ke rumah.
Begitu juga dengan barang – barang plastic yang kita beli untuk keperluan sehari – hari, bekal makan anak ke sekolah atau ketika piknik juga. Barang plastic memang terkadang menjadi pilihan selain ringan juga terkesan lebih awet dan tahan lama dibanding dengan barang – barang dari bahan beling atau kaca yang terkadang lebih mudah pecah. Sekarang banyak banget brand barang plastic yang bermunculan dengan bentuk dan warna yang menarik. Apalagi untuk anak – anak banyak sekali bentuknya yang lucu dan menarik.
Namun disamping itu kita harus memperhatikan kamanan dari barang – barang yang digunakan sekali pakai dan plastic tersebut. Terlebih untuk buah hati kita yang sedang masa pertumbuhan. Tentunya kita tidak ingin sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada anak – anak kita dikemudian hari.
Alangkah baiknya jika kita lebih waspada dan hati – hati. Karena efeknya bisa juga terjadi tidak dalam waktu dekat. Ketika kita membeli dan menggunakannya alangkah lebih  baiknya jika kita memperhatikannya, lebih teliti dalam melihat keamanan dari barang yang kita beli dan gunakan. Apakah aman untuk kesehatan kita dan keluraga, apakah aman untuk penggunaan berulang – ulang?  
Karena beberapa bahan plastic dengan bahan tertentu ada yang tidak aman untuk kesehatan kita. Berikut adalah kode yang berupa huruf atau symbol yang ada di bawah botol,  gelas plastic atau tempat makanan dari barang – barang plastic yang sering kita temukan dipasaran.
1. PET/PET atau Polyethylene Terephthalate
Bahan dengan kode ini dipakai untuk botol plastik transparan seperti kemasan untuk air mieneral yang sering kita beli dipasaran. Botol plastic dengan kode ini aman digunakan hanya untuk sekali pakai dan jangan memasukkan air panas atau hangat. Nah terkadang botol bekas air mineral digunakan lagi bahkan tak tanggung tanggung untuk penggunaan air hangat pula. Setelah isinya habis sebaiknya jangan kita gunakan lagi, mending buang ke tempat sampah, atau kalaupun mau digunakan lagi sebaiknya digunakan untuk keperluan yang lebih bermanfaat lagi.
2. HDPE atau High Density Polyethylene
Bahan dengan kode ini biasa dipakai untuk botol susu berwarna putih susu. Seperti halnya dengan PET, bahan dengan kode ini juga hanya direkomendasikan untuk pemakaian sekali pakai saja.
3. PVC atau Polyvinyl Chloride
Bahan plastik dengan kode PVC ini sangat sulit didaur ulang dan biasanya digunakan juga untuk botol dan pembungkus plastik (cling wrap). Barang dengan kode PVC ini berbahaya untuk kesehatan teutama ginjal dan hati.
4. LDPE atau Low Density Polyethylene
Bahan dengan kode LDPE ini dapat didaur ulang dan cocok untuk tempat makanan atau botol yang lentur. Bahan ini baik untuk tempat makanan. Jika kita mau menggunakan barang plastik sebaiknya cari dengan kode LDPE ini.
5. PP atau Polypropylene
Nah ini adalah spertinya good news buat kita, bahan dengan kode ini adalah paling aman ,jika kita membeli barang berbahan plastik seperti untuk botol bayi, tempat minum atau tempat makanan sebaiknya pilih dengan kode PP.
6. PS atau Polystyrene
Bahan dengan kode ini biasa dipakai untuk tempat minuman sekali pakai atau kotak makan seperti styrofoam. Bahan dengan kandungan styrene ini berbahaya untuk otak dan sistem saraf. Bahkan di beberapa negara sudah melarang pemakaian bahan ini.
7. Others
Jika di botol atau tempat makanan simbolnya tertulis others itu artinya bahan plastiknya bisa berasal dari Acrylonitrile Butadiene Styrene Acrylic, Polycarbonate, Polylactic Acid, Nylon atau Fiberglass. Sebaiknya kita hindari yang tertulis Polycarbonate karena itu mengandung BPA.
    
    Itulah kode atau symbol dari barang – barang plastic yang sering kita temukan di pasaran. Alangkah baiknya jika kita lebih wasada, berhati – hati dan mencegah, itu lebih baik dari pada mengobati, terima kasih. Semoga bermanfaat, amin.
Sumber :  Dari berbagai sumber

post signature

Please follow and like us:
0

4 thoughts on “Barang Plastik Yang Aman Untuk Kesehatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *