Life Style

5 Alasan Mengapa Lebih Menyukai Buah Lokal

Berbicara mengenai yang berbau lokal, apa lagi makanan, jujur saya lebih suka dengan produk lokal atau asli Indonesia. Mengapa demikian karena sebetulnya produk asli Indonesia itu tidak kalah bagus bila dibanding dengan produk luar negeri. Hasil bumi negeri kita ini sangat banyak dan berlimpah. Salah satunya buah – buahan, aneka macam buah terdapat di Indonesia. Dengan kualitas yang bagus dan berani bersaing dengan buah impor.

Bagi saya pribadi saya lebih suka dengan buah – buahan lokal, asli Indonesia. Sejak kecil saya sudah terbiasa dengan buah lokal karena tinggal dipedesaan. Jauh dari yang namanya buah impor. Dan langsung di dapat dari pohonnya, meskipun saya tidak punya khusus kebun buah – buahan, tapi keluarga saya tidak pernah ketinggalan mengonsumsi buah – buahan. Adapun buah – buahan yang sejak kecil saya makan adalah : mangga, rambutan, pepaya, dukuh, pisang dan masih banyak lagi.

Membahas buah lokal, ada alasan mengapa saya lebih suka dengan buah lokal? Adapun 5 alasan mengapa saya lebih menyukai buah lokal yaitu :
1. Lebih segar
Karena berasal dari dalam negeri sendiri, tentunya buah-buahan lokal ini tidak melewati perjalanan yang terlalu panjang hingga sampai di tangan kita, tidak seperti halnya buah impor. Buah-buahan lokal ini dipetik dari kebun dalam kondisi yang relatif matang dan langsung dipasarkan dalam waktu dekat. Hal inilah yang membuat kesegaran rasanya lebih terjamin. Meski secara tampilan buah-buahan impor lebih unggul, namun buah tropis atau buah lokal sebenarnya memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah rasanya yang segar dan lebih lezat. Nutrisi yang dihasilkan dari buah-buahan lokal juga bisa lebih baik dibanding produk impor. Sebab, terkadang bahan pangan impor dipanen sebelum waktunya agar tidak mengalami pembusukan ketika sampai di pasaran Indonesia. Hal ini lah yang membuat kandungan nutrisi dari buah-buahan tersebut tidak maksimal. Buah lokal dipanen pada saat kematangan buah sudah mencapai setengahnya, saat mencapai ke tangan konsumen buah sudah mengalami kematangan yang sempurna. Sehingga tidak membutuhkan zat aditif atau pengawet untuk mengawetkan buah-buahan dan menjadikan buah tersebut manis.

2. Nutrisi dan manfaat yang lebih optimal
Jika dilihat dari visualnya, buah impor terlihat lebih menarik dan menggiurkan. Berbeda dengan buah lokal yang tampil apa adanya. Namun, dari nutrisi dan rasa buah lokal lebih baik ketimbang buah impor. Buah impor memiliki tampilan visual yang menarik itu karena produsennya menggunakan teknologi pasca panen yang menjamin hasil panen buah tidak rusak.
Tentunya alasan mengapa kita mengonsumsi buah-buahan adalah untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan bukan? Nah proses pengiriman buah impor yang panjang serta pengemasan yang menggunakan pengawet tentunya akan membuat vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam buah-buahan impor ini berkurang atau bahkan hilang. Dengan mengonsumsi buah lokal, kita bukan hanya akan mendapatkan nutrisi yang lebih tinggi, tetapi juga dapat membantu mencegah penyakit degeneratif seperti diabetes, kanker stroke atau pun sakit jantung. Buah-buahan lokal ini dapat melakukan detoksifikasi, mencegah peningkatan kolesterol, dan tentu saja tidak ada racun atau pestisida di dalamnya. Dibandingkan buah impor, buah-buahan lokal sering dipandang sebelah mata. Padahal, nutrisi buah lokal tak kalah hebat. Selain dari harga yang lebih murah, buah lokal juga biasanya dipanen dalam kondisi hampir matang sehingga nutrisinya lebih optimal. Buah lokal selain unggul dalam rasa, juga memiliki gizi yang lebih baik karena tidak melalui penyimpanan lama atau pengawetan yang menurunkan kualitas. Sedangkan buah impor bisa disimpan enam bulan hingga setahun, tetapi vitaminnya merosot.

3. Lebih aman
Apapun yang kita konsumsi tentunya ingin yang aman untuk tubuh kita. Karena untuk apa kita mengonsumsi makanan yang tidak aman atau bahkan mengandung zat berbahaya, tentunya bukan nutrisi yang akan kita dapatkan tapi resiko dari makanan tersebut. Produk pangan lokal ini sebenarnya memiliki banyak keunggulan dibanding produk impor. Bahan pangan impor seperti buah mengundang risiko lebih besar bagi kesehatan karena mungkin saja disemprot pestisida dan dilapisi fungisida untuk mencegah pembusukan selama pendistribusian. Sedangkan produk lokal relatif lebih aman. Penanamannya pun kebanyakan organik, dan tidak diberi zat kimia pengawet. Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, makanan yang berasal dari bahan-bahan lokal juga dapat berkontribusi bagi lingkungan. Semakin jauh jarak yang ditempuh bahan pangan sebelum diterima konsumen, maka makin banyak energi terbuang. Distribusi bahan pangan menyumbang emisi karbon di bumi.

4. Harga yang lebih bersahabat
Dengan kita memilih dan mengonsumsi buah lokal selain dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi kesehatan kita, juga harganya yang relatif lebih murah. Karena buah lokal kaya akan nutrisi juga harganya yang lebih murah dibanding buah impor.

5. Musimnya variatif
Selain alasan diatas, jenis buah lokal lebih beragam dibandingkan pangan impor. Walaupun ketersediaan buah lokal bisa berbeda-beda karena menyesuaikan dengan musimnya. Misal sekarang kita sedang melimpah mangga, sebentar lagi rambutan, lalu dukuh, disusul manggis, lalu sawo. Ada terus setiap musim sehingga kita tidak akan bosan bukan? Dengan bergantinya musim tubuh manusia juga akan menyesuaikan diri. Kandungan nutrisi dalam buah pun akan berubah dan lebih optimal menyesuaikan dengan musimnya. Alhasil, apabila kita mengonsumsi pangan sesuai musimnya tentu tubuh akan lebih sehat. Disinilah kita sadar bahwa Tuhan memang menyediakan buah-buahan tersebut disesuaikan dengan tubuh dan daya tahan tubuh kita.

Buah merupakan makanan favorite saya karena selain bisa membuat kenyang juga kaya akan vitamin. Dan juga mengobati rasa haus. Tak jarang pada saat saya merasa lapar atau haus makanan yang dicari adalah buah – buahan. Selain bisa dimakan langsung buah – buahan juga bisa di olah misalnya dibuat juice, di satukan dengan susu yang sering disebut dengan soup buah, ataupun di rujak dan masih banyak lagi cara kita untuk memakan dan menikmati buah – buahan.

Berbicara buah lokal tentunya kita ingat Sunpride yang berkomitmen menyediakan buah-buah segar berkualitas dengan lebih dari 20 jenis yang 80%nya adalah buah lokal. Sunpride memberikan produk terbaik yang aman untuk dikonsumsi oleh pelanggan setianya tanpa perlu was-was akan bahaya dari pestisida.

Salah satu buah lokal Indonesia adalah Jambu Klutuk atau Guava Crystal. Jambu klutuk tanpa biji ini bertekstur renyah dan lembut seperti apel. Guava Crystal dari Sunpride telah mendapatkan sertifikasi Bebas Residu Pestisida dan Tanpa Formalin untuk kulit dan daging buah. Jadi, bisa langsung menikmati Guava Crystal Sunpride langsung dengan kulitnya.
Menurut informasi yang saya dapatkan dari Sunpride, Guava Crystal ini mempunyai beberapa keunggulan jika kita mengonsumsinya, diantaranya :

Jambu-Biji-Sunpride

1. Sebagai Antioksidan
Guava Crystal ini diketahui memiliki konsentrasi tinggi yang disebut lycopene atau antioksidan yang mampu melawan kanker prostat. Selain itu, Guava Crystal juga memiliki kandungan yang sehat bagi penderita diabetes dan mampu menurunkan kemungkinan perkembangan diabetes tipe dua. Mengonsumsi Guava Crystal tanpa kulitnya terbukti mampu mengurangi penyerapan gula dalam darah.

2. Kaya Serat
Dibandingkan dengan nanas, Guava Crystal ini mengandung 30 kalori lebih besar namun memiliki tiga kali protein dan empat kali serat yang lebih banyak. Keunggulan Guava Crystal lainnya adalah buah ini dikenal sebagai buah yang kaya akan serat dan mudah dicerna di dalam perut. Keunggulan mengonsumsi buah ini juga dapat membantu sembelit dan bahkan serat yang terkandung pada jambu mampu membantu melindungi usus besar dengan mengurangi risiko racun penyebab kanker dan zat kimia berbahaya. Serat yang ada pada jambu benar-benar mengeluarkan zat negatif dari dalam tubuh dan memastikannya jika tak ada lagi zat negatif dalam seluruh organ.

3. Baik untuk sirkulasi darah
Kandungan sehat yang dimiliki Guava Crystal juga mampu meningkatkan sirkulasi yang dapat memacu fungsi otak. Kalium dalam Guava Crystal pun mampu mengatur tekanan darah.

4. Baik untuk perawatan tubuh
Nah kalau yang ini tentunya merupakan berita bagus buat perempuan, karena Guava Crystal ini sangat tinggi akan kandungan Vitamin C. Vitamin C yang ada pada Guava Crystal sekitar 280% dari nilai harian vitamin C dimana mempunyai manfaat untuk perawatan tubuh. Manfaat buah jambu bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi bersamaan dengan kulitnya. Hal ini merupakan sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi Guava Crystal dengan kulitnya juga dapat membantu tubuh dalam membangun resistensi terhadap infeksi. Guava Crystal juga memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi melindungi kulit terhadap sinar UV. Buah ini juga mengandung vitamin A yang penting bagus sebagai nutrisi harian tubuh. Tidak hanya itu, Vitamin dalam jambu ini juga sangat baik bagi ibu hamil untuk membantu mencegah cacat saraf.

Sekarang tidak ada alasan lagi kan untuk tidak mengonsumsi buah lokal. Karena buah lokal jauh lebih berkualitas dan jauh lebih banyak mengandung nutrisi dibanding buah impor. Mari kita cintai produk lokal termasuk salah satunya buah lokal. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan mencintai produk dalam negeri.

Sumber Refferensi dan gambar : http://www.sunpride.co.id

Tulisan ini diikut sertakan dalam SUNPRIDE: Fruit for Love Blogging Competition.

Sunpride
Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *